KOMPONEN 1
Kinerja Pendidik dalam Mengelola Proses Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Pendidik menyediakan dukungan sosial emosional bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Dalam menyediakan dukungan sosial emosional bagi peserta didik dalam proses pembelajaran, pendidk dapat menerapkan teknik mindfulness atau relaksasi untuk membantu siswa mengelola stress dan emosi negatif
Kegiatan: Teknik Mindfulness dan Relaksasi
Deskripsi: Pendidik mengajarkan teknik mindfulness atau relaksasi untuk membantu siswa mengelola stres dan emosi negatif. Teknik ini sangat berguna terutama di saat ujian atau ketika siswa merasa tertekan.
Langkah-langkah:
Pengenalan Mindfulness: Pendidik menjelaskan konsep mindfulness, yaitu kesadaran penuh terhadap pikiran, perasaan, dan lingkungan saat ini tanpa penilaian. “Mindfulness adalah cara untuk mengingatkan kita agar tetap tenang dan fokus meskipun ada banyak hal yang terjadi di sekitar kita.”
Latihan Pernafasan: Pendidik memimpin siswa dalam latihan pernapasan sederhana. Misalnya, "Mari kita coba tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sebentar, dan hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan ini tiga kali."
Visualisasi Positif: Pendidik mengajak siswa untuk melakukan visualisasi positif, di mana mereka membayangkan diri mereka menghadapi tantangan atau ujian dengan percaya diri dan tenang. “Bayangkan kamu berada dalam situasi ujian dan merasa tenang, percaya diri, dan mampu menjawab dengan baik.”
Penutupan dengan Refleksi: Pendidik menutup sesi dengan refleksi singkat, "Bagaimana perasaanmu setelah latihan ini? Apa yang kamu rasakan saat melakukan pernapasan atau visualisasi?"
4. Kegiatan: "Circle Time" atau Sesi Berbagi Perasaan
Deskripsi: Pendidik mengadakan sesi "circle time" di mana seluruh siswa duduk melingkar dan berbagi perasaan atau pengalaman mereka. Aktivitas ini menciptakan ruang aman untuk berbicara tentang perasaan dan membangun hubungan emosional antar siswa.
Langkah-langkah:
Pengenalan Sesi: Pendidik menjelaskan tujuan kegiatan, yaitu untuk berbagi perasaan dengan aman. “Hari ini kita akan duduk bersama dan saling berbagi tentang apa yang membuat kita merasa bahagia atau cemas. Ini adalah ruang aman untuk berbicara.”
Pertanyaan Pemicu: Pendidik mengajukan pertanyaan yang mengundang siswa untuk berbicara tentang perasaan mereka, misalnya: “Apa yang membuat kamu merasa senang minggu ini?” atau “Apa yang membuatmu merasa stres dan bagaimana kamu menghadapinya?”
Pemberian Dukungan dan Empati: Ketika siswa berbagi, pendidik memberikan dukungan empatik dan mendorong siswa lain untuk saling mendengarkan tanpa menghakimi. "Terima kasih sudah berbagi. Kita semua bisa merasa stres, dan penting untuk saling mendukung."
Penutupan yang Positif: Pendidik menutup kegiatan dengan memberi semangat kepada siswa, misalnya, "Sekarang kita semua tahu lebih banyak tentang perasaan teman-teman kita. Ingat, kita semua bisa saling membantu untuk merasa lebih baik."
Kegiatan: Teknik Mindfulness dan Relaksasi
Kegiatan: "Circle Time" atau Sesi Berbagi Perasaan
Memberikan umpan balik yang membangun kepercayaan diri peserta didik bahwa kemampuan dirinya dapat terus berkembang ketika ia mau berusaha.
2. Memberi perhatian kepada peserta didik yang memerlukan dukungan lebih/khusus.
Program Bimbingan dan Konseling
1.4. Memfasilitasi pesertadidikuntukmengembangkan kemampuanmengendalikanemosidandisiplindiri melaluipenentuankesepakatanbersamadalam pembelajarandaninteraksiyangmemberikanrasa aman.
2.4 Membangun suasana belajar yang berfokus pada aktivitas belajar.